KETERAMPILAN MEMBERIKAN VARIASI MENGAJAR MAHASISWA PPL PRODI PAI FAKULTAS TARBIYAH ILMU KEGURUAN UIN SYEKH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI DALAM PERSEPSI GURU PAMONG DI PONDOK PESANTREN MADINATUL MUNAWWARAH BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.213Abstract
This research was motivated by the fact that it was not known how the civil servant teacher's perspective on the teaching skills carried out by PPL students of the Islamic Religious Education Study Program Faculty of Tarbiyah Teacher Training UIN Sheikh M. Djamil Djambek Bukittinggi in 2017-2019 at Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi. The type of research used in this research is descriptive qualitative research and is located in Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi, the data collection technique used is interview. Data analysis used the Milles and Hubberman models, namely data reduction, data analysis, and drawing conclusions/verification. The results showed that the skills of varying the learning carried out by PPL students of the Department of Islamic Education, Faculty of Tarbiyah Teacher Science UIN Sheikh M. Djamil Djambek Bukittinggi both in terms of varying teaching styles, interaction patterns, use of media, learning methods and others were good and already fulfill the provisions in varying learning, although there are still those who have not perfectly applied it in learning so that learning seems monotonous and boring.
Keywords: Teachers' Perceptions, Teaching Skills, PPL Students, Department of Islamic Education
References
Abdul, Rahmat. 2016. Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Jakarta: Ideas Publishing
Aisyah, Nur. 2018. Persepsi Guru Pamong Terhadap Praktik Mengajar Mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Alauddin Makassar Pada Madrsah Tsanawiyah Di Kabupaten Gowa. Skripsi, Makassar: UIN Alauddin.
Andriani, Helmina., & Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Mataram: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta
Andriati, Irna, Zulfani Sesmiarni. 2020. Analisis Keterampilan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan,Vol.8 NO. 1
Arifmiboy. 2019. Micro Teaching. Panorogo: Wade Group
Buku pedoman PPL IAIN Bukittinggi 2021
Buku pedoman PPL Universitas Kajuruhan Malang 2015
Dasmo. 2014. Peran guru pamong dan dosen pembimbing terhadap keberhasilan program pengalaman lapangan (ppl) mahasiswa. Jurnal formatif, Vol.4 NO. 1
Fauziah, Hana Hanifah. 2015. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ilmiah psikologi, Vol 2, No. 2.
Halimatussa’diah. 2014.Teori dan Perspektif Dalam Penelitian Ilmu Komunikasi. Jurnal Komunikasi, Vol 1. No. 1.
Helmiati. 2013. Micro Teaching Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Hidayat, Sholeh. 2008. Hubungan Minat Terhadap Profesi guru dan Motivasi Berprestasu dengan Keterampilan Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Indah Partiwi, Nuning. 2017. Pengunaan Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol 1 No 2.
Iswantir dkk. 2022. Penggunaan Platform Pembelajaran Online Oleh Guru PAI”, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, Vol 9 NO. 1.
Kamal, Muhiddinur. 2019. Guru Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: AURA CV. Anugrah Utama Rahaja.
Mekarisce Augina, Arnild. 2020. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol 12 Edisi 3
Miftahudin. 2017. Perspektif Masyarakat Tentang Anak yang Putus Sekolah Tingkat SMA di Dusun Sinar Maju Desa Karya Tunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selata. Skripsi, Lampung Selatan: IAIN Metro.
Misbah, Khairul. 2016. persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar dan keterampilan konseling mahasiswa PPL di sekolah. Aceh: Universitas syiah kuala. Jurnal ilmiah mahasiswa bimbingan dan konseling FKIP Unsyiah. Vol 1 No 1
Prosding seminar nasional. 2018. Membangun Sinegritas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR. 4. 0 Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia. ISSN : 2621 – 6477
Rahmat , F. Y. Khosmas, dan Husni Syahrudin. 2018. Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Tahun Ajaran 2017/2018. pontianak: Universitas Tanjungpura pontianak
Rosmiati, Azis. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakara: Sibuku
Sulistiyono, sukardi. 2017. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Bersma
Susanto, Heri. 2020. Profesi Keguruan. Banjarmasin; Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
W, Gullo. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Yuniasari, Triana. 2017. “pengaruh minat menjadi guru lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi mahasisa pendidikan akuntansi angkatan 2013 FE UNY”, Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, Vol. XV, No. 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syafrudin, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprison, Salmi Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.