KETERAMPILAN MEMBERIKAN VARIASI MENGAJAR MAHASISWA PPL PRODI PAI FAKULTAS TARBIYAH ILMU KEGURUAN UIN SYEKH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI DALAM PERSEPSI GURU PAMONG DI PONDOK PESANTREN MADINATUL MUNAWWARAH BUKITTINGGI

Authors

  • Syafrudin Syafrudin UIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal UIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison UIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati UIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.213

Abstract

This research was motivated by the fact that it was not known how the civil servant teacher's perspective on the teaching skills carried out by PPL students of the Islamic Religious Education Study Program Faculty of Tarbiyah Teacher Training UIN Sheikh M. Djamil Djambek Bukittinggi in 2017-2019 at Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi. The type of research used in this research is descriptive qualitative research and is located in Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi, the data collection technique used is interview. Data analysis used the Milles and Hubberman models, namely data reduction, data analysis, and drawing conclusions/verification. The results showed that the skills of varying the learning carried out by PPL students of the Department of Islamic Education, Faculty of Tarbiyah Teacher Science UIN Sheikh M. Djamil Djambek Bukittinggi both in terms of varying teaching styles, interaction patterns, use of media, learning methods and others were good and already fulfill the provisions in varying learning, although there are still those who have not perfectly applied it in learning so that learning seems monotonous and boring. 

Keywords: Teachers' Perceptions, Teaching Skills, PPL Students, Department of Islamic Education

References

Abdul, Rahmat. 2016. Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Jakarta: Ideas Publishing

Aisyah, Nur. 2018. Persepsi Guru Pamong Terhadap Praktik Mengajar Mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Alauddin Makassar Pada Madrsah Tsanawiyah Di Kabupaten Gowa. Skripsi, Makassar: UIN Alauddin.

Andriani, Helmina., & Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Mataram: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Andriati, Irna, Zulfani Sesmiarni. 2020. Analisis Keterampilan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan,Vol.8 NO. 1

Arifmiboy. 2019. Micro Teaching. Panorogo: Wade Group

Buku pedoman PPL IAIN Bukittinggi 2021

Buku pedoman PPL Universitas Kajuruhan Malang 2015

Dasmo. 2014. Peran guru pamong dan dosen pembimbing terhadap keberhasilan program pengalaman lapangan (ppl) mahasiswa. Jurnal formatif, Vol.4 NO. 1

Fauziah, Hana Hanifah. 2015. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ilmiah psikologi, Vol 2, No. 2.

Halimatussa’diah. 2014.Teori dan Perspektif Dalam Penelitian Ilmu Komunikasi. Jurnal Komunikasi, Vol 1. No. 1.

Helmiati. 2013. Micro Teaching Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Hidayat, Sholeh. 2008. Hubungan Minat Terhadap Profesi guru dan Motivasi Berprestasu dengan Keterampilan Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Indah Partiwi, Nuning. 2017. Pengunaan Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol 1 No 2.

Iswantir dkk. 2022. Penggunaan Platform Pembelajaran Online Oleh Guru PAI”, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, Vol 9 NO. 1.

Kamal, Muhiddinur. 2019. Guru Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: AURA CV. Anugrah Utama Rahaja.

Mekarisce Augina, Arnild. 2020. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol 12 Edisi 3

Miftahudin. 2017. Perspektif Masyarakat Tentang Anak yang Putus Sekolah Tingkat SMA di Dusun Sinar Maju Desa Karya Tunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selata. Skripsi, Lampung Selatan: IAIN Metro.

Misbah, Khairul. 2016. persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar dan keterampilan konseling mahasiswa PPL di sekolah. Aceh: Universitas syiah kuala. Jurnal ilmiah mahasiswa bimbingan dan konseling FKIP Unsyiah. Vol 1 No 1

Prosding seminar nasional. 2018. Membangun Sinegritas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR. 4. 0 Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia. ISSN : 2621 – 6477

Rahmat , F. Y. Khosmas, dan Husni Syahrudin. 2018. Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Tahun Ajaran 2017/2018. pontianak: Universitas Tanjungpura pontianak

Rosmiati, Azis. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakara: Sibuku

Sulistiyono, sukardi. 2017. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Bersma

Susanto, Heri. 2020. Profesi Keguruan. Banjarmasin; Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat

W, Gullo. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Yuniasari, Triana. 2017. “pengaruh minat menjadi guru lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi mahasisa pendidikan akuntansi angkatan 2013 FE UNY”, Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, Vol. XV, No. 2

Downloads

Published

01-09-2022

How to Cite

Syafrudin, S., Kamal, M., Aprison, W., & Wati, S. (2022). KETERAMPILAN MEMBERIKAN VARIASI MENGAJAR MAHASISWA PPL PRODI PAI FAKULTAS TARBIYAH ILMU KEGURUAN UIN SYEKH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI DALAM PERSEPSI GURU PAMONG DI PONDOK PESANTREN MADINATUL MUNAWWARAH BUKITTINGGI. KOLONI, 1(3), 608–617. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.213

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>