GAMBARAN KEAKTIFAN BELAJAR TARUNA TEKNIKA PADA PERKULIAHAN MEKANIKA TERAPAN

Authors

  • Lusiani Lusiani Akademi Maritim Nusantara Cilacap
  • Andi Hendrawan Akademi Maritim Nusantara Cilacap
  • Gilang Meilanda Kurniawan Akademi Maritim Nusantara Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.31004/koloni.v1i2.181

Abstract

Learning media is one of the things that triggers learning activities and allows the realization of good learning objectives, so the author is interested in providing an overview of the learning activities of technical cadets in applied mechanics lectures. The method in this study is a survey and literature review. The object of research is the cadets of the AMN Cilacap engineering study program. Learning outcomes in the psychomotor domain are obtained through the discussion method. The instrument used is using google classroom media. Observations were made according to the indicators of learning activity using video media. In general, the indicators of activity have been seen, but still not overall. This means that learning activity has not been maximized or it can be said that technical cadets are active in applied mechanics lectures.

 Keywords: description, active learning, applied mechanics

References

Amaliyah, Marisa, I. Nyoman Suardana, and Kompyang Selamet. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains 4(1):90–101.

Astuti, Heri. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siiswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Di SMK Batik 1 Surakarta.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Damanik, Nepti, Desi Sijabat, Novita Panjaitan, and Rika Napitupulu. 2021. “Pengaruh Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv.” Prosiding Seminar Nasional 1:11.

Floren, M. Reyhan. 2016. “Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN Pojok 03 Kabupaten Tulungagung.” PENA SD (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar) 2(1):9–22.

Hakim, Abdul, and Dayuani Rambe. 2012. “Perbedaan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Model Konvensional Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan.” Jurnal Pendidikan Fisika 1(2):7–12.

Maulina, Rofin. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran SIMKOMDIG. Salatiga.

Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics.” Al Asma: Journal of Islamic Education 2(1):1–12.

Novitasari, Devi. 2017. “Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu) Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017.” Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nugroho, Imam Santoso. 2013. “Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa SMKN 5 Semarang Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Diklat Dasar-Dasar Elektonika Kompetensi Dasar Konsep Dasar Elektronika.” Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurutami, Anna Revi. 2015. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( TS-TS ) Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan.” Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.

Octaviandini, Theresia Nina. 2018. “Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Kalibawang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Materi Relasi Dan Fungsi.” Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sulistyaningrum, Crisna Ajeng. 2013. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Aktif Card Sort.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suseno, Wawan, Ipung Yuwono, and Gatot Muhsetyo. 2017. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatf TGT.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 2(10):1298–1307.

Wibowo, Nugroho. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1(2):128–39.

Downloads

Published

24-08-2022

How to Cite

Lusiani, L., Hendrawan, A. ., & Kurniawan, G. M. (2022). GAMBARAN KEAKTIFAN BELAJAR TARUNA TEKNIKA PADA PERKULIAHAN MEKANIKA TERAPAN. KOLONI, 1(2), 696–706. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i2.181

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)