KEDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA NEW NORMAL DI SMK N 1 TILATANG KAMANG

Authors

  • Zikra Azhura Aulia UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir Iswantir UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.199

Abstract

This research is motivated by student discipline problems, in learning activities the authors take samples in class XI TKJ. Student discipline is still not newly formed in the New Normal period. The role of an educator must be active in giving tips to students who are less disciplined. Questions from research. How are PAI teachers' tips for applying discipline to class XI TKJ students at SMKN 1 Tilatang Kamang, Agam Regency . teacher's obstacles in conducting discipline for class XI TKJ students. This research uses qualitative research, using qualitative descriptive research methods. Sources of data obtained through key informants, namely students of class XI TKJ and supporting informants, namely PAI teachers and student representatives at SMKN 1 Tilatang Kamang. In collecting data using observation and interviews. Data analysis uses data reduction, data presentation and data levers. The results of this study are the teacher's tips for applying discipline to PAI subjects in class XI TKJ at SMKN 1 Tilatang Kamang through the results that the teacher strengthens the student's discipline character, pays attention to students, makes strict rules, gives clear directions. clear, giving sanctions, giving tolerance, members for student character, class management, finding problem points, controlling, connecting books, obstacles faced by many students who lack discipline, teacher control is not optimal.

Keywords: PAI Student Discipline, New Normal

References

Ahmad Falah Syukron, Peran Guru dalam Upaya Pemebentukkan Krakter Disiplin dan Tanggung Jawab Anak di Sekolah Islam. Semarang Oktober 2017.

Anika Pratama Herman, Starategi Pembentukkan Disiplin Siswa melalui Pelaksanaan Tata Tertib Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol 1. No 1 2013

Aprison Wedra. Kerja Sama Orangtua dengan Guru PAI dalam Menghadapi Pembelajaran Secara Daring Selama Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3. No 5 Tahun 2021

Bachari S Bachtiar. Meyakini Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif, Universita Negeri Surabaya.

Beni Supriadi, Guru Bidang Studi PAI. SMKN 1 Tilatang Kamang, 2 Oktober 2021.

Derta Serwo, Desian Sistem Informasi Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruaan Negri Bukittinggi. Vol 5. No 2 Tahun 2019.

Ernawati Ika, journal bimbingan dan konsling. Vol.1. No 1. Tahun 2001. Hal 5dan 6

Fauzi Najmuddin, Program Kedisiplinan Siswa, Journal pendidikan islam voi, 08. No 02. Agustus 2019.

Firmasetiawan David, Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran (yogyakarta,. CV BUDI UTAMA, 2018), hal 281-282

Firmasetiawan david, prosedur evaluasi dalam pemebelajaran.yogyakarta. cv budi utama 2018. Hal 281-282

Imaniyah “efektivitas disiplinan siswa dalam pembelajaran di SMP Islamiyah Ciputat, Skripsi (Jakarta Program Studi Manajmen Pendidikan, Jurusan Kependidikan Islam, Fakultasi Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan, Universias Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2010)

Intansari Agustya “Peningkatan Budaya Disiplin Siswa di Sekolah Dasar SeloTapak No 424 Trawas Mojokerto. Skripsi (Program Studi Pendidikan Guru Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2015)

Isnainiah,Meningkatkan Aktivitas kemandirian belajar siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek, IAIN Bukittinggi, Jurnal Pendidikan matematika. Vol. 3. No 2, 2018.

Konseling Client dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. IAIN BUKITTINGGI, Vol 6. No 2. Juli – Desember 2020

M Iswantir Gagasan dan Pemikiran Serta Prkais Pendidikan Islam Indonesia. Jurnal of Edicational. Vol 2, No 2, Juli – Desember 2017.

Maula. R, pengertian disiplin dan cara penerapannya, uin malang 2015.

Muhiddinur Kamal, Guru Suatu Kajian Teoritis dan Praktis, Aura (CV Anugrah Utama Raharja) Bandar Lampung.2013.

Musfirah ‘’Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Pesrta Didik Dalam Menaatai Tata Tertib di MTsN DDI Kluppang, Kab ParePare. Skripsi (ParePare. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyyah. Institut Agama Islam Negri ParePare 2019)

Mz Ihsan, Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan siswa, Jurnal Peradaban dan Pemikiran IslamVol 2, No 1, Juli 2018.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik. Tersito Bandung, 2003

Nurmalasari Panjaitan “ Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Mis Al-Manar Tembug, Kecamaan Percut Sei Tuan. Kabupaten Deli Serdang. Skripsi (Medan Pogram Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilm Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Sumatra Utara Medan 2018)

Partiyen Endang. Manajmen disiplin siswa. Vol 9.no5. 2015

Perwontoro Anas “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN Ngemlak,Sleman. Skripsi (yogyakarta Juruan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kaljaga 2008)

Pupu Rahmat saeful, penelitian kualitatif. Equlibrium. Vol. No 9, januari-juni 2019. 1-9

Sampeliling Alexander, faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kedisiplinan, vol 12. No 1

Downloads

Published

28-08-2022

How to Cite

Azhura Aulia, Z., Iswantir, I., Wati, S., & Sesmiarni, Z. . (2022). KEDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA NEW NORMAL DI SMK N 1 TILATANG KAMANG . KOLONI, 1(3), 541–549. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.199

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>