Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Volume Penjualan Mesin Pompa Air Pada PT. Karya Lestari Eka Mandiri Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31004/koloni.v4i3.732Keywords:
Market Segmentation, Sales Volume of Water Pump Machines, and PT. Karya Lestari Eka MandiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh segmentasi pasar terhadap peningkatan volume penjualan mesin pompa air pada PT. Karya Lestari Eka Mandiri Kota Makassar, serta mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan tersebut. Penelitian dilakukan selama dua bulan di PT. Karya Lestari Eka Mandiri yang berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro No. 95, Kota Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung terhadap objek penelitian dan wawancara dengan pimpinan serta staf perusahaan. Data yang diperoleh terdiri atas data primer dari observasi dan wawancara, serta data sekunder dari dokumen dan informasi tertulis terkait. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis ramalan penjualan menggunakan metode regresi sederhana dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara segmentasi pasar dan volume penjualan, dengan nilai korelasi yang menunjukkan pengaruh yang kuat. Segmentasi yang digunakan dalam perusahaan adalah segmentasi geografis, di mana semakin luas jangkauan wilayah pasar, maka volume penjualan mesin pompa air juga meningkat. Temuan ini menunjukkan pentingnya strategi segmentasi pasar dalam mendorong peningkatan penjualan produk.
References
Asri, M. (2019). Marketing (Edisi Ketiga, Cetakan Kedua). Yogyakarta: BPFE.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto, A. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Dolan, C. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketujuh). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Evans, J. R., & Berry, B. (2019). Marketing (Third Edition). New York: McMillan Publishing Company.
Fandy, Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Ferrell, O. C., & Hartline, M. (2014). Marketing Strategy. South-Western Cengage Learning.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2020). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian (Edisi Keenam, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2021). Manajemen Pemasaran (Edisi Revisi). Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nitisemito, A. S. (2019). Marketing (Cetakan Ketujuh). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pride, W. M., & Ferrel, O. C. (2019). Marketing: Basic Concepts and Decision (Fifth Edition). Boston: Houghton Mifflin Company.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanton, J. W. (2019). Prinsip Pemasaran (Cetakan Ketiga). Jakarta: Erlangga.
Swastha, B. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swastha, B., & Sukotjo, I. W. (2021). Pengantar Bisnis Modern (Edisi Revisi, Cetakan Ketiga). Yogyakarta: Liberty.
Tull, D., & Kahle, L. (2022). Manajemen Pemasaran (Edisi Revisi). Jakarta: Intermedia.
Vernon, A., & John, H. J. (2022). Pengantar Ekonomi Perusahaan (Edisi Kesepuluh, Jilid 1, Terj. Kusma Wiriadisastra). Jakarta: Erlangga.
Winardi. (2022). Intisari Manajemen Pemasaran. Bandung: Remaja Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhtar Muhtar, Herwanita Herwanita, Jihan Safira Rospitasari Harun Sally, Rifqah Ramdhana Jufri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.